Wana Wisata Goa Buniayu


Beragam lokasi tujuan wisata yang memiliki keunikan, keindahan, serta kealamian yang dapat dinikmati oleh pengunjung telah lama dikelola serta dikembangkan oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten. Salah satu lokasi yang dapat menjadi alternatif adalah Wana Wisata Goa Buniayu.

Berada pada areal seluas + 10 hektar,  Wana Wisata Goa Buniayu berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten; tepatnya di KPH Sukabumi, BKPH Cikawung, RPH Ciguha. Wilayah administrasi pemerintahannya termasuk ke dalam wilayah Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten DT II Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Goa Buniayu pada awalnya lebih dikenal sebagai Goa Cipicung, hal tersebut disebabkan kerena lokasi goa yang berada di wilayah Kampung Cipicung. Akan tetapi, beberapa penelusur goa lebih mengenalnya sebagai Goa Siluman. Dan semenjak berada di bawah Pengelolaan Perum Perhutani, yaitu mulai tanggal 26 Pebruari 1992, nama area goa diubah menjadi Wana Wisata Goa Buniayu.

Penelusuran dan pemetaan Goa Buniayu dilakukan pertama kali pada tahun 1982 oleh seorang speleologiawan Indonesia – Dr. R.K.T. Kho, bersama beberapa penelusur berkebangsaan Perancis, anggota Federasi De Speleologie Francaise (FSF), yaitu George Robert, Arnoult Seveau, dan Michael Chassier. Hingga saat ini, terdapat beberapa goa yang berada di area Wana Wisata Goa Buniayu telah berhasil dipetakan di antaranya: Goa Cipicung (panjang ± 3300 m), Goa Bibijilan (panjang ± 717 m), Goa Adni (panjang ± 635 m), Goa Nyangkut (panjang ± 390 m), Kubang Lanang (panjang ± 302 m), Goa Tanpa Nama (panjang ± 400 m), Goa Karsim, Goa Bisoro, Goa Idin, Goa Gede, dan Goa Kole.

Disebut Goa Buniayu, juga dikarenakan akan keindahan serta kealamian ornamen-ornamen yang tedapat di dalam goa. Kata Buniayu diambil dari bahasa Sunda yaitu “Buni” dan “Ayu” yang berarti “kecantikan yang tersembunyi”. Mengapa demikian? Hal tesebut disebabkan begitu banyak keindahan yang tersembunyi di dalam kegelapan abadi Goa Buniayu.

Goa Buniayu merupakan goa alam yang masih alami; di dalamnya Anda akan menemukan stalagtit, stalagmit, flow stone, column, drapery, gourdam, canopy, dan ornamen goa lainnya. Selain itu terdapat pula binatang yang telah mengalami perubahan fungsi inderanya dikarenakan pengaruh lingkungan goa, seperti laba-laba, jangkrik, ikan, ular, kelelawar (megachiroptra), kadal, udang, walet (collocalia), serta beragam jenis binatang lainnya.

Goa Buniayu menanti serta mengundang jiwa petualang Anda untuk datang serta menyingkap tabir misteri serta keindahan yang ada di dalamnya.

Ada dua jenis penelusuran goa yang dapat dilakukan di Wana Wisata Goa Buniayu, yaitu penelusuran goa minat umum dan penelusuran goa minat khusus.

Pada penelusuran goa minat umum, Anda akan menjelajahi goa sepanjang ± 300 meter; untuk menempuh perjalanan tersebut tidak diperlukan persiapan khusus. Cukup gunakan sepatu anti slip serta pakaian yang nyaman. Selain itu, bawalah kamera untuk mengabadikan keindahan ornamen goa serta untuk kenang-kenangan perjalanan Anda.

Untuk penelusuran goa minat khusus, Anda perlu mempersiapkan stamina khusus guna menikmati penelusuran goa. Lama perjalanan yang akan ditempuh 4-5 jam; untuk perjalanan ini Anda diharuskan memakai peralatan khusus di antaranya helm, wear pack anti air, sarung tangan, sepatu boot anti licin, serta alat penerangan. Selain itu perlu juga diperlengkapi dengan peralatan caving yang memadai, seperti static/ dynamic rope, karabiner, steel ladder, serta perlengkapan lainnya.

Untuk semua keperluan tersebut pihak pengelola telah menyediakan peralatan serta pemandu lokal yang siap menemani perjalanan Anda. Pada penelusuran goa minat khusus, Anda akan menemukan ornamen goa yang lebih kaya dan beragam jika dibandingkan dengan goa minat umum. Anda juga akan menemukan sungai bawah tanah, air terjun, serta danau dalam goa seluas + 1 hektar.

Jenis penelusuran goa yang dapat dilakukan di Wana Wisata Goa Buniayu :

Penelusuran Goa Angin (Penelusuran goa minat umum – Horizontal)

Penelusuran Goa Kerek (Penelusuran goa minat khusus – Vertikal & Horizontal)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s